Sport / arena
Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Kapolri Jenderal Pol Sigit Prabowo didampingi Menpora Zainudin Amali dan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri saat melihat penerepan prokes terkait COVID-19 disejumlah venue di Jayapura. (ANTARA/HO/Humas Polda Papua)

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengklaim gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua sukses secara prestasi dan penyelenggaraan. Ini semua bisa menjawab keraguan masyarakat terhadap pelaksanaan PON di Papua.

Ajang olahraga multi event paling bergengsi di Tanah Air ini akan ditutup, Jumat (15/10/2021) besok. Banyak rekor-rekor baru dari segi prestasi dan penyelenggaraan yang diciptakan di PON Papua ini.

Memang, diakui Menpora, di hari-hari awal memang sedikit terjadi keluhan dari beberapa kontingen. Tapi panitia PON Papua dengan cepat tanggap memperbaiki hingga akhirnya berjalan lebih baik.

"Di tengah hingar bingar keraguan pelaksanaan PON Papua terlaksana, kita akhirnya mampu menjawabnya dengan pelaksanaan PON yang berjalan aman dan lancar," kata Amali saat jumpa pers virtual, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Jelang Penutupan PON Papua, Atlet dan Ofisial Wajib Jalani PCR dan Pemeriksaan Malaria

"Bahkan PON Papua berhasil mencatat 56 rekor baru, baik dari rekor PON bahkan sampai rekor dunia tercipta. Ini menjadikan prestasi tersendiri terlebih pelaksanaan PON kali ini berbarengan di masa pandemi," terangnya.

Menurutnya, suksesnya pelaksanaan PON berkat kerja keras seluruh pihak. Menteri asal Gorontalo itu pun berterima kasih kepada seluruh elemen yang sudah membantu sukseskan ajang olahraga empat tahunan ini.

"Sukses bisa kita gapai karena pada PON Papua sesuai arahan bapak presiden harus berjalan sesuai waktu yang telah ditetapkan. Kita semua kerja keroyokan dan gotong royong untuk akhirnya PON Papua terlaksana dengan baik hingga hari ini," jelasnya.

"Ini menjawab keraguan, kekhawatiran dan bahkan ketakutan yang selama ini menghantui sebelum terlaksananya PON Papua. Di kesempatan ini izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja bahu-membahu demi suksesnya pelaksanaan PON XX Papua," pungkasnya.

Baca Juga: Bungkam Kaltim 3-2, Jawa Timur Sabet Perunggu Sepak Bola PON Papua

Komentar