Bisnis / makro
Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
KUBE Barokah. (Dok: Kemensos)

Suara.com - Kelompok Usaha Bersama (KUBE) besutan Kementerian Sosial (Kemensos) mulai menunjukkan hasil. Salah satunya adalah KUBE Barokah yang ada di Desa Kemutuk, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng). KUBE Barokah berhasil menggerakan ekonomi masyarakat sekitar.

Kades Kemutuk, Siswanto menjelaskan, KUBE Barokah mengelola peternakan sapi sejak 2019 silam. Pendanaannya dibantu oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Magelang lantaran memenuhi syarat dan ketentuan.

"Ada nilai ekonomis dari ternak sapi, seperti kotorannya dimanfaatkan warga untuk pupuk kandang di lahan pertanian milik warga sekitar," kata Siswanto dalam keterangannya pada Kamis, (10/6/2021).

Hal senada disampaikan oleh Staf Desa Kemutuk, Ikul. Kata Iul, KUBE Barokah berhasil membantu perekonomian masyarakat setempat.

Baca Juga: Gelar Aksi, Masyarakat Miskin di Palembang Dukung Pembenahan Internal KPK

“Kehadiran dari KUBE Barokah untuk pemberdayaan masyarkat sekitar. Semoga bisa terus untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota," katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, kelompok masyarakat bisa terbantu dengan usaha yang dirintis oleh KUBE Barokah, khususnya yang terkait dengan pemberdayaan ekonomi agar lebih sejahtera.

“Bantuan KUBE untuk menyejahterakan para anggotanya, sekaligus tadi ada penambahan ternak sapi dari Kemensos, ” pungkas Ikul.

Sebagai informasi, KUBE merupakan kelompok keluarga miskin Penerima Manfaat (PM) yang dibentuk, tumbuh dan berkembang guna melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Tujuan KUBE untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga miskin.

Baca Juga: Pemerintah Butuh Waktu 6 Tahun untuk Angkat Derajat Masyarakat Miskin

KUBE beranggotakan 5-20 Kepala Keluarga miskin yang masuk dalam Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (DTPFMOTM).

Komentar