Pakar penerbangan Indonesia sekaligus komisioner Ombudsman RI, Alvin Lie. (dok pribadi)

Suara.com - Cerita lucu sekaligus mengagetkan baru saja dialami oleh salah satu pakar penerbangan Indonesia, Alvin Lie. Ini karena ia sempat dikira sebagai seorang pilot gadungan yang ditangkap di Bandara Soekarno Hatta pada Jumat (22/3/2019) kemarin.

Cerita bermula saat seorang pria bernama lengkap Alvin Adithya Darmawan dibekuk petugas Bandara Soekarno Hatta lantaran mengaku-ngaku sebagai pilot di maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Agar lebih meyakinkan, Alvin juga mengenakan seragam layaknya seorang pilot asli lengkap dengan topi pilotnya.

Penangkapan itu juga dibenarkan Kapolresta Bandara Soekarno Hatta, Kombes Victor Togi Tambunan saat dihubung Suara.com, Jumat kemarin.

Kabar tertangkapnya 'Alvin palsu' pun beredar luas di lama media daring. Dari situlah, nama Alvin Lie yang merupakan anggota Ombudsman sekaligus pakar penerbangan sempat dikira sebagai Alvin yang tertangkap di Bandara Soetta itu.

Yang uniknya lagi, kedua orang yang memiliki nama depan Alvin itu, sama-sama hendak terbang ke menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan tujuan yang sama pula, Semarang.

"Bedanya saya berangkat Jumat pagi pukul 07.55 WIB dengan nomor penerbangan GA 232, sementara dia (Alvin pilot gadungan) berangkat siangnya, kalau gak salah GA 238, dan sama-sama hendak ke Semarang, maskapainya juga sama," ujar Alvin Lie saat dihubungi Suara.com, Sabtu (23/3/2019) siang.

Menurut Alvin, banyak teman-temannya yang heboh dan menanyakan akan kabar penangkapan Alvin itu. Tak sedikit yang mengira jika dirinyalah yang tertangkap di Bandara Soekarno Hatta itu.

"Ya kaget, tapi ini jadi lucu-lucuan gitu, kebetulan namanya sama, naik maskapai yang sama, tujuan sama, harinya juga sama. Cuma beda waktu saja," ujar dia lagi.

Penangkapan Pilot Gadungan

Pilot Garuda Gadungan ditangkap di Bandara Soetta. (Istimewa)

Untuk diketahui, Polresta Bandara Soekarno Hatta pada Jumat kemarin memang menangkap seorang bernama lengkap Alvin Adithya Darmawan.

"Pada sekitar 11.40 WIB, penumpang atas nama Alvin Adithya Darmawan yang mengaku sebagai Pilot Garuda melakukan check in," ujar Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Victor Togi Tambunan kepada Suara.com, Jumat (22/3/2019).

Saat gerak-geriknya dicurigai dan dianggap asing, seorang kapten pilot Garuda lalu mendatangi Alvin yang berseragam bak pilot profesional. Pilot gadungan itu pun gelagapan ketika ditanya-tanya kapten pilot Garuda. Alhasil, keberadaan Alvin pun kemudian dilaporkan ke polisi.

Pasca ditangkap, Alvin langsung digelandang ke Polresta Bandara Soetta. Hingga kini, pemuda itu masih diinterogasi soal motifnya berpura-pura sebagai pilot.

"Atas kejadian tersebut, Kapten Andre segera melaporkan ke Avsec GP yang berada di depan SCP2. Selanjutnya dilaporkan ke Polresta Bandara," jelasnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta, Kompol James Hasudungan Hutajulu menambahkan, petugas tidak menemukan benda mencurigakan seperti narkotika saat membekuk Alvin. Sejauh ini, Alvin hanya kedapatan berpura-pura sebagai pilot.

"Yang terjadi adalah ada penumpang menggunakan seragam pilot dan name tag Garuda. Dia tidak membawa narkotika. Yang bersangkutan adalah penumpang GA tujuan Semarang," tutup James.