News / nasional
Rifan Aditya
Daftar Bansos Pemerintah yang Cair Sepanjang 2021 - Ilustrasi BLT, BST, PKH, BNPT, bantuan sosial, bansos. [Suara.com/Ema Rohimah]

Suara.com - Selama tahun 2021 pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) melalui beberapa instansinya untuk membantu masyarakat tetap bertahan selama pandemi covid-19. Ada banyak bansos pemerintah yang cair sepanjang 2021.

Jika dibuat dalam daftar maka daftar bansos pemerintah yang cair sepanjang 2021 cukup panjang. Program bantuan itu misalnya ada Program Bantuan Tunai 2021 dan Bantuan Sembako. Mari kita lihat daftar bansos pemerintah yang cair sepanjang 2021 di bawah ini. 

Program Bantuan Tunai 2021 

Daftar bansos pemerintah yang cair sepanjang 2021 kategori program bantuan tunai 2021 antara lain:

Baca Juga: 2022 Sudah di Depan Mata, Masihkah Ada Bansos?

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program PKH diberikan kepada 10 juta kepala keluarga. Dana yang disalurkan kepada program bantuan tunai ini sebesar Rp 28,7 triliun. Dana disalurkan melalui Bank Himbara maupun kantor pos, sehingga tidak ada potongan apapun.

Empat Bank BUMN atau Himbara yang dilibatkan adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Dana diberikan dalam empat tahap, yaitu bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.  Rincian bantuan total adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil Rp 3 juta / tahun 
  • Anak usia dini Rp 3 juta / tahun 
  • Penyandang disabilitas berat Rp 2,4 juta / tahun 
  • Lansia 70 tahun ke atas Rp 2,4 juta / tahun 
  • SD/MI/Sederajat Rp 900 ribu / tahun
  • SMP/MTs /Sederajat Rp 1,5 juta / tahun 
  • SMA/MA/Sederajat Rp 2 juta / tahun

2. Bantuan Sosial Tunai (BST)

Program BST disalurkan kepada 10 juta kepala keluarga di seluruh Indonesia. Uang tunai yang diberikan sebesar Rp300 ribu selama 4 bulan, yaitu Januari, Februari, Maret, dan April.

Baca Juga: Memasuki Akhir Tahun, Risma Minta Pemda Percepat Pencairan Bansos

BST sempat diperpanjang pada Mei-Juni dan dana yang disalurkan sebesar Rp 600 ribu dibayarkan sekaligus. 

Komentar