News / nasional
Ruth Meliana Dwi Indriani
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berdiskusi bersama warga Kampung Susun Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (5/4/2022). [ANTARA/ Abdu Faisal]

Suara.com - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) blak-blakan membongkar rencana partainya terkait persiapan koalisi dalam menyongsong pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

Melansir Wartaekonomi.co.id -- jaringan Suara.com, AHY mengatakan Partai Demokrat membuka peluang untuk membangun koalisi dalam Pemilu 2024. Menurutnya, Demokrat tidak bisa berdiri sendirian tanpa berkoalisi.

"Demokrat tentu tidak bisa sendirian, kami harus membangun koalisi dengan satu partai besar atau dua partai menengah," kata AHY di Banda Aceh, Rabu (20/4/2022).

Putra Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY ini menjelaskan upaya komunikasi akan terus dilakukan dengan semua partai. Ia menyebut partainya akan terus berikhtiar sekuat tenaga supaya mendapatkan koalisi.

Baca Juga: AHY Tegaskan Demokrat Bukan Oposisi Brutal yang Tak Punya Akal Sehat

Apalagi, salah satu syarat agar bisa mengikuti Pilpres 2024 adalah harus memiliki tiket suara 20 persen. Karena itu, AHY mengungkap Demokrat akan terus membangun kepercayaan dengan partai politik lainnya tanpa terkecuali.

"Presidential threshold (ambang batas). Artinya tugas Demokrat membangun chemistry dan saling percaya dengan parpol lain, semua parpol tidak terkecuali, kita persiapkan semua kemungkinan," jelasnya.

Sementara itu, mengenai kesiapan untuk maju dalam Pilpres 2024, AHY mengaku terus mempersiapkan diri untuk menjemput takdir. Pasalnya, ia menyebut maju tidaknya dirinya dalam Pilpres merupakan misteri dari Yang Maha Kuasa.

Kendati demikian, AHY memiliki dua kapasitas untuk mewujudkan target untuk menjadi orang nomor satu di Tanah Air. Pertama, ia mengungkap kapasitasnya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, yang akan terus berusaha melakukan koalisi.

"Saya menggunakan dua kapasitas, pertama sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, saya akan meyakinkan dan berkoalisi," ujar AHY.

Baca Juga: Beda Jauh dengan SBY, MRP Ngaku Tak Pernah Ditemui Jokowi saat Kunjungi Papua: Semangat Blusukan Itu ke Mana?

Kedua, AHY menyinggung kapasitas pribadinya untuk mempersiapkan diri dan menunggu kehendak Allah SWT, serta dukungan dari masyarakat. 

Komentar

terkini