Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani
Ilustrasi smart car [Shutterstock].

Suara.com - Produsen mobil China, FAW Group bakal menguji teknologi swakemudi dari 100 unit mobil pintar atau smart car buatan Hongqi. Adapun lokasinya adalah kawasan Changchun yang menjadi lokasi riset otomotif terbesar di China.

Dikutip kantor berita Antara dari kantor berita China, Xinhua pada Minggu (22/8/2021), menurut rencana, Changchun akan menjadi zona demonstrasi mobil-mobil tanpa pengemudi.

Untuk mencapai target ini, FAW Group telah menyelesaikan pembangunan jalan pintar sepanjang 10,5 km.

Sementara itu, empat mobil pintar Hongqi telah beroperasi tanpa pengemudi sejauh 30.000 km, dan disebutkan belum pernah terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Nissan: Harga Mobil Listrik Bisa Lebih Murah, Asalkan Begini

New Hongqi E-HS9, SUV bertenaga listrik. Sebagai ilustrasi salah satu produk Hongqi kekinian [ANTARA Foto].

Hongqi, dahulu terkenal sebagai pembuat mobil-mobil VIP untuk pemerintah China. Didirikan pada 1958 dan namanya berarti "Red Flag", produknya kerap hadir dalam perayaan-perayaan nasional dengan parade.

Kekinian, Hongqi membingkiskan kado limousine Hongqi H9 bagi para atlet China peraih medali emas di Paralimpiade dan Olimpiade Tokyo 2020. Sementara peraih medali perak serta perunggu mendapatkan hak sewa penggunaannya secara gratis.

Dan dalam beberapa tahun terakhir, produksi dan penjualan mobil Hongqi mengalami pertumbukan signifikan. Tercatat lebih dari 170.600 unit mobil Hongqi terjual antara Januari dan Juli tahun ini, meningkat 95 persen dibandingkan 2020.

Sementara FAW Group Corporation sendiri, singkatan dari First Automobile Works (FAW) adalah owner dari brand Hong Qi atau Hongqi. Sebagai pelaku industri otomotif milik negara, cakupan produknya meliputi passenger car, light sampai heavy truck, bus, serta suku cadang kendaraan bermotor roda empat.

Bermarkas di Changchun, Jilin, FAW termasuk dalam empat besar produsen otomotif di Negeri Trai Bambu. Lainnya adalah SAIC Motor, Dongfeng Motor, serta Changan Automobile.

Baca Juga: All-New Nissan LEAF Resmi Tiba di Indonesia, Banderol Mobil Listrik Ini Rp600 Jutaan

Komentar