Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
SPKLU atau stasiun pengisian kendaraan listrik umum. Sebagai ilustrasi mobil (Shutterstock).

Suara.com - Bridgestone telah membangun 3.500 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU untuk wilayah Eropa. Stasiun pengisian ini tersedia di seluruh jaringan retail perusahaan.

Nah, bagaimanakah untuk pengadaan SPKLU Bridgestone di Tanah Air kita?

President Director PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno mengatakan bahwa Bridgestone memiliki inisiatif SPKLU untuk wilayah Eropa.

Tentunya perusahaan melihat trend perkembangan mobil listrik di Indonesia kekinian. Kemudian diukurlah tingkat kebutuhan akan infrastruktur termasuk charging station.

Baca Juga: SUV Perdana All-New Subaru Solterra 2023 Hadir Tahun Depan, Andalkan Tenaga Listrik Murni

Bridgestone Indonesia (ANTARA/Chairul Rohman)

"Saat ini kami belum ada rencana tersebut (membangun charging station). Tapi kami terus mengamati perkembangan keberadaan mobil listrik di Indonesia," ujar Mukiat Sutikno, dalam acara Media Gathering di pabrik Bridgestone Indonesia, Cikarang, Jawa Barat, baru-baru ini.

Sebagai informasi, Bridgestone telah menggandeng EVBox untuk mengembangkan infrastruktur SPKLU di wilayah Eropa dengan membangun 3.500 stasiun pengisian daya listrik baru di seluruh jaringan retail milik Bridgestone.

Termasuk di antaranya adalah beberapa jaringan retail terkenal seperti Speedy dan First Stop.

Kerja sama yang akan berlangsung selama lima tahun ke depan ini merupakan dukungan terbaru Bridgestone bagi kendaraan listrik atau Electrci Vehicle (EV) sebagai bagian dari komitmen perusahaan terhadap masa depan mobilitas.

Proyek ini akan mulai dibangun di Prancis dan Italia, selanjutnya dikembangkan menuju wilayah Britania Raya, Jerman, Polandia, Spanyol dan negara-negara lain di Eropa.

Baca Juga: TBMNC Resmi Berdiri, Jadi Pabrik Baterai Mobil Listrik Toyota Amerika Utara

Jaringan SPKLU milik Bridgestone ini nantinya akan dilengkapi unit pengisian daya normal dan cepat, terletak di berbagai lokasi strategis yang dapat diakses seluruh pengemudi kendaraan listrik. Baik tu mobil pribadi maupun armada fleet.

SPKLU tipe cepat nantinya akan dipasang di jalur ramai, diperuntukkan bagi para pengemudi yang melakukan transit dan membutuhkan waktu singkat untuk mengisi daya.

Komentar