Sport / arena
Rully Fauzi
Pemain Timnas Basket Prancis, Nicolas Batum (tengah) tampil di laga perempatfinal basket putra Olimpiade Tokyo kontra Italia. (ANTARA/REUTERS/Brian Snyder)

Suara.com - Timnas Basket Prancis mencapai semifinal basket putra Olimpiade Tokyo usai memenangi laga perempatfinal yang sengit kontra Italia yang berkedudukan akhir 84-75 di Saitama Super Arena Jepang, Selasa (3/8/2021) WIB.

Rudy Gobert kembali memimpin kemenangan Prancis dengan raihan 22 poin dan sembilan rebound, diikuti 21 poin dari Evan Fournier, dwiganda 15 poin dan 14 rebound yang dibukukan Nicolas Batum, serta 10 poin yang dicetak Thomas Heurtel.

Sementara di kubu Italia, Simone Fontecchio mengemas 23 poin, Danilo Gallinari dwiganda 21 poin dan 10 rebound, serta Achille Polonara 15 poin.

Italia memberi perlawanan kuat kepada Prancis dan bahkan sempat memimpin 25-20 hingga kuarter pertama berakhir.

Baca Juga: Jack Grealish ke Manchester City atau Bertahan di Aston Villa? Peluangnya 50-50

Kelengahan terjadi di kubu Italia dalam dua kuarter berikutnya, membuat Prancis menyongsong kuarter pemungkas dengan memiliki keunggulan 64-54.

Italia kembali bangkit di kuarter keempat, bahkan sempat membuat kedudukan imbang 73-73 kala Alessandro Pajola melesakkan tembakan tripoin pada sisa waktu dua menit 35 detik.

Sayangnya, momentum itu tidak pernah berlanjut dan Prancis menjauh lagi jadi 78-73 lewat tripoin Batum dan dua lemparan bebas Gobert pada sisa waktu semenit 14 detik.

Di sisa waktu yang ada, sementara Italia hanya mampu meraih dua poin tambahan lewat lemparan bebas Gallinari, Prancis menambah enam poin lagi untuk mengunci kemenangan 84-75 dan langkah mereka ke semifinal Olimpiade 2020 Tokyo.

Di babak semifinal, Prancis sudah ditunggu Slovenia yang sudah lebih dulu menyingkirkan Jerman. Pertandingan semifinal dijadwalkan berlangsung pada Kamis (5/8/2021) lusa.

Baca Juga: Inter Tolak Mentah-mentah Tawaran Menggiurkan Chelsea untuk Romelu Lukaku

[Antara]

Komentar