Agung Sandy Lesmana | Ummi Hadyah Saleh
Rabu, 23 Oktober 2019 | 13:05 WIB
Prabowo Subianto setelah resmi menjabat Menteri Pertahanan. (Suara.com/Ummi HS).

Suara.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi dilantik menjadi Menteri Pertahanan periode 2019-2024 dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Seusai pelantikan, Prabowo mengaku akan langsung mendatangi kantor barunya di Kemenhan untuk menanyakan soal acara serah terima jabatan dengan Menhan lama, Ryamizard Ryacudu.

"Baru saja kita selesaikan semua rangkaian pelantikan, dan tentunya kita akan segera. Saya harus lihat kantor kementerian dulu tanya pejabat disana mungkin ada proses serah terima, " ujar Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenaan, Jakarta, Rabu (23/10/2019)

Tak hanya itu, Prabowo mengaku masih akan beradaptasi sebagai Menteri Pertahanan.

"Saya akan belajar dulu, situasi yang terakhir, baru kita akan mulai kerja," kata Prabowo.

Sebelumnya, penunjukan Prabowo masuk dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 disampaikan Presiden Jokowi di tangga Istana Merdeka, Jakarta, pagi tadi.

Bersama Maruf Amin, Jokowi hari ini resmi mengumumkan 38 nama menteri dan setingkat menteri di kabinet pemerintahan periode keduanya.

Ketika Jokowi mengumumkan jabatan Menhan, Prabowo yang mengenakan batik berwarna cokelat itu kan tampak terlihat langsung berdiri dan memberikan hormat kepada Jokowi.

Jokowi mengatakan dirinya tak perlu lagi menjelaskan tugas Menhan kepada Prabowo. Sebab, dia menilai Prabowo sangat memahami tugas dari Menhan.

"Saya tidak perlu jelaskan lagi, beliau (Prabowo) lebih paham dari saya," ujar Jokowi saat mengumumkan nama Prabowo.