Test drive mobil elektrifikasi Toyota C-HR di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019). [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Suara.com - Popularitas mobil hybrid sejauh ini memang belum mampu menyaingi mobil bertenaga bensin. Meski demikian, masyarakat Banyuwangi dinilai sudah mulai melek dan tertarik untuk membeli mobil ramah lingkungan.

Disampaikan Dwi Bayu Nugroho, Kepala Cabang Auto2000 Banyuwangi, sepanjang 2019 masyarakat Banyuwangi sudah ada yang membeli mobil Hybrid.

"Respons positif sudah dirasakan masyarakat Banyuwangi akan kehadiran mobil hybrid. Sejauh ini sudah ada yang melakukan pemesanan Toyota C-HR Hybrid," kata Bayu di sela-sela test drive mobil elektrifikasi Toyota di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019).

Bayu menambahkan sebenarnya masyarakat sudah mulai mengerti tentang mobil hybrid, walaupun memang penjualannya belum bisa banyak.

"Hybrid sudah mulai diperkenalkan di 2009 dan saya juga menjadi saksinya. Saya pertama kali menjual Hybrid di Surabaya waktu itu kita jual Prius. Dan sekarang menjual Toyota C-HR hybrid," ujar Bayu.

Test drive mobil elektrifikasi Toyota C-HR di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019). [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Sebelumnya Deputy General Manager Marketing Planning PT TAM, Andri Widiyanto mengakui, sejauh ini masih banyak konsumen yang bertanya sebenarnya hybrid itu fun to drive atau tidak. Selanjutnya eco friendly atau tidak.

"Karena memang hybrid ini salah satunya disupport motor listrik, sehingga nantinya yang lebih banyak bekerja justru motor listriknya dibandingkan mesin bensin. Karena motor listriknya yang banyak yang bekerja sehingga tentu dia akan lebih ramah lingkungan," terangnya.

Lebih jauh, Andri menjelaskan dengan menggunakan teknologi hybrid fuel efisensinya bisa hemat sampai 70 persen.

"Jadi kalau dari yang non-hybrid sekitar berapa persen bisa disimpan atau save, yaitu sampai 70 persen," tutup Andri Widiyanto.

Sejarah perjalanan kendaraan elektrifikasi Toyota di Indonesia dimulai dengan dipasarkannya Toyota Prius HEV Gen-2 tahun 2009 silam.

Hingga tahun ini, Toyota telah menjual lebih dari 2.200 unit kendaraan elektrifikasi di Indonesia dengan pilihan model Prius, Alphard HEV, Camry HEV, C-HR HEV, dan yang paling baru adalah Corolla Altis HEV.