Dwi Bowo Raharjo | Muhammad Yasir
Jum'at, 25 Oktober 2019 | 21:50 WIB
Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 menghadiri acara Bawaslu Award di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, Jumat (25/20/2019) malam. (Suara.com/M. Yasir)

Suara.com - Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 menghadiri acara Bawaslu Award di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, Jumat (25/20/2019) malam. Bawaslu Award digelar sebagai bentuk apresiasi atas kinerja para pengawas pemilu.

Pantauan Suara.com, menteri Jokowi yang hadir diantaranya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmavati.

Selain itu, turut hadir pula Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono, dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengatakan Bawaslu Award digelar sebagai bentuk apresiasi atas kinerja pengawas pemilu yang telah berkontribusi pada Pemilu 2019 lalu. Setidaknya, kata Abhan, ada 14 kategori yang ikut sertakan dalam Bawaslu Award.

"Ini sebagai penghargaan atas komitmen anak bangsa, ini melanjutkan pada periode sebelum. Nominasi diberikan berdasarkan kategori yang ada," kata Abhan.

Dalam kesempatan tersebut Abhan pun mengungkapkan beberapa capaian yang telah digapai pihaknya. Salah satunya yakni menjadi anggota pengawas pemilu di dunia.

"Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu memberi amanat pada Bawalsu untuk melakukan verifikasi dan akreditasi ada 135 pemantau pemilu dari dalam dan luar negeri. Bawaslu juga remi menjadi anggota pengawas pemilu dunia," tandasnya.

Read more...