Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani
New Hongqi E-HS9, SUV bertenaga listrik [ANTARA Foto].

Suara.com - Hong Qi atau Hongqi, Jordan Williams, Tesla, mobil listrik, mobil swakemudi, mesin mobil, Honda GL1800 Gold Wing, dan petarung UFC menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com pagi ini. Dipetik dari tayangan paling banyak dibaca sepanjang pagi hingga menjelang tengah malam tadi.

Sa;ah satu petarung UFC kelas welterweight division, Jordan Williams tertegun saat membersihkan kabin mobilnya. Apa pasal? Ada sebuah cincin terselip di antara jok. Mengingat ia baru saja menghajar maling mobil pekan lalu, mungkinkah ini milik si tangan panjang yang gagal melarikan kendaraannya?

Bila ya, bisa jadi disebabkan karena daya pukulnya telak dan dahsyat!

Dari panggung mobil listrik atau Electric Vehicle, Tesla Incorporation menduduki peringkat teratas untuk semester pertama. Sementara Hyundai Motors Company ada di posisi keenam. Disimak dari penjualan, memang produk Korea Selatan mengalami kenaikan. Namun persaingan di antara sesama negara-negara Asia juga ketat, sehingga inilah hasilnya yang terbaik.

Baca Juga: Biaya Kepemilikan Tesla Model 3 Sedikit Lebih Tinggi Dibandingkan Toyota Camry

Masih dari negara tetangga di Asia, perusahaan otomotif milik pemerintah China, Hong Qi atau Hongqi tengah menguji mobil cerdas tanpa driver alias mobil swakemudi. Seru, karena brand di bawah bendera FAW Group ini kondang sebagai produsen kendaraan eksklusif kaliber limousine sebelumnya. Lantas merambah SUV tenaga listrik, dan kekinian swakemudi.

Dari sektor roda dua, para penyuka touring utamanya jarak super jauh yang menjelajahi ratusan bahkan ribuan km, silakan merasakan nikmatnya Honda GL1800 Gold Wing. Produk terbaru ini bisa pairing dengan berbagai jenis smartphone dan dilengkapi slot USB yang membuat pengguna selalu terkoneksi dan seru selama berperjalanan.

Dan sebagai penutup adalah tips menjaga agar mesin mobil tidak cepat panas. Mulai kesalahan pemakaian jenis air untuk radiator sampai pelumas mesin bisa menjadi biang keladinya.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat beraktivitas, dan jaga selalu diri serta orang-orang tersayang dengan protokol kesehatan.

1. Tampil Keren Saat Menangkap Pencuri Mobil, Jordan Williams Tertegun Dapat Bonus Cincin

Baca Juga: All-New Nissan LEAF Resmi Tiba di Indonesia, Banderol Mobil Listrik Ini Rp600 Jutaan

Jordan Williams, petarung UFC welterweight division [Instagram: bomayemma].

"Apakah aku memukuli maling itu sampai cincinnya terlepas?" petarung UFC (Ultimate Fighting Championship) Jordan Williams mengunggah foto dan kalimat pertanyaan di laman media sosial Instagram atas nama akun pribadi terverifikasi, @bomayemma, sebagaimana dikutip Suara.com. Tampak dalam potret adalah sebentuk cincin, yang disebutnya ditemukan di antara jok mobil. Ini yang membuatnya tertegun.

Yup, belum lama ini Jordan Williams, petarung welterweight division UFC nyaris kemalingan mobil. Dalam unggahan bertanggal 12 Agustus 2021 dari CCTV sebuah pusat perbelanjaaan, tampak seorang lelaki mendekati mobilnya. Nekat mencuri, namun petarung UFC ini tak kalah sigap.

Baca selengkapnya

2. Honda GL1800 Gold Wing Masuk Indonesia, Harganya Tembus Rp1 Miliar

Honda GL1800 Gold Wing bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay atau Android Auto [PT AHM].

Honda GL1800 Gold Wing kini bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay, atau Android Auto sehingga memberi kenyamanan optimal bagi penggunanya selama perjalanan. Tambahan fitur dua slot USB memastikan pengguna tidak perlu khawatir kehabisan daya gadget selama berkendara jarak jauh. Inilah keandalan yang ditawarkan Honda GL1800 Gold Wing terbaru.

PT Astra Honda Motor (AHM) memboyong produk tadi untuk pencinta motor turing premium di Indonesia. Sebagai flagship big bike Honda di Indonesia, Honda GL1800 Gold Wing dengan desain dan fitur premium terbaru dibanderol Rp1,1 miliar on the road Jakarta.

Pembaruan lainnya terdapat pada kapasitas top box yang lebih besar 11L, sehingga kapasitas penyimpanan kini menjadi 61L.

Baca selengkapnya

3. Hongqi Menggarap Smart Car, Tengah Diuji di Changchun

Ilustrasi smart car [Shutterstock].

Produsen mobil China, FAW Group bakal menguji teknologi swakemudi dari 100 unit mobil pintar atau smart car buatan Hongqi. Adapun lokasinya adalah kawasan Changchun yang menjadi lokasi riset otomotif terbesar di China.

Dikutip kantor berita Antara dari kantor berita China, Xinhua pada Minggu (22/8/2021), menurut rencana, Changchun akan menjadi zona demonstrasi mobil-mobil tanpa pengemudi.

Baca selengkapnya

4. Peringkat Brand Mobil Listrik Dunia: Amerika Serikat Nomor Satu, Korea Keenam

Hyundai Ioniq 5 diluncurkan pada Selasa (23/2/2021) di Seoul, Korsel. Sebagai ilustrasi mobil EV laris Korea Selatan [Dok Hyundai Motor Company]

Penjualan kendaraan murni tenaga listrik atau Electric Vehicle (EV) dari pabrikan Korea Selatan Hyundai Motor Company mengalami peningkatan di semester pertama 2021, bila dibandingkan dengan penjualan tahun silam. Akan tetapi, di pasar global mengalami persaingan ketat dengan Amerika Serikat serta China.

Dikutip kantor berita Antara dari kantor berita Korea, Yonhap, Senin (23/8/2021), Hyundai Motor Company menempati peringkat keenam untuk penjualan EV global dalam periode Januari-Juni, atau turun satu tingkat dari posisi kelima tahun lalu.

Baca selengkapnya

5. 9 Macam Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

BIla terjadi overheat, buka kap mesin [Shutterstock].

Mesin mobil yang cepat panas bisa menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya. Dampak terbesar yang terjadi adalah mesin mobil tiba-tiba mati.

Uniknya, kebanyakan mesin cepat panas bukan karena mobil sudah tua, melainkan kelalaian pemakaian. Mengutip Suzuki Indonesia, ada beberapa penyebab mesin mobil cepat panas. Antara lain, mulai sirkulasi air radiator bermasalah, salah menggunakan cairan radiator, sampai kualitas oli.

Baca selengkapnya

Komentar